Bawaslu Tanjungpinang Seleksi Ratusan Calon Panwascam


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Persiapan menuju Pemilu serentak 2024 semakin terlihat, Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Tanjungpinang, mulai menyeleksi 112 orang peserta, untuk menjadi Panitia Pengawas kecamatan (Panwascam).

Inilah suasana seleksi tertulis secara daring, yang dilaksanakan oleh Bawaslu kota Tanjungpinang. Tes tertulis ini menggunakan aplikasi Socrative yang terhubung langsung ke Bawaslu RI.

Tes tertulis ini diikuti sebanyak 112 peserta dari 4 kecamatan di kota Tanjungpinang. Tes ini dilakukan untuk menyaring peserta terbaik sebanyak 24 orang, dari segi pemahaman dan pengetahuan pengawasan dan politik.

Setelah didapatkan 24 peserta terbaik, kemudian Bawaslu akan melaksanakan tes wawancara, untuk menyaring peserta terpilih sebanyak 12 orang, yang juga nantinya menjadi Panwascam di 4 kecamatan di Tanjungpinang.

Ketua Bawaslu Tanjungpinang, Muhammad Zaini meyakinkan bahwa tahapan seleksi Panwascam tahun ini, akan mencari Panwascam yang berintegritas, melalui tes yang dilakukan.

"Melalui tes wawancara, kita bisa melihat lebih dalam terkait kualitas peserta, selain itu kami juga mendalami rekam jejak politik, dan memastikan bahwa peserta tidak punya jejak kriminal, dalam seleksi ini kami juga akan meminta tanggapan masyarakat, dengan cara memosting kandidat di sosmed dan media kami"jelas Zaini.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Provinsi Kepri, Rosna menyebutkan, selain di Tanjungpinang, seleksi Panwascam juga dilaksanakan di daerah lain di Kepri.

"Ada dua daerah yang melakukan seleksi secara Offline, yakni Natuna dan Anambas, karena masalah jaringan internet, kita memastikan proses seleksi disana berjalan secara baik dan diawasi secara ketat"tegas Rosna.

Seleksi Panwascam ini rencananya akan dilanjutkan ke tahap seleksi wawancara, yang diikuti 24 besar kandidat yang lulus dari tes tertulis, rencananya tes wawancara akan dilaksanakan pada 17 Oktober mendatang.

Kemudian dilanjutkan pada pengumuman hasil seleksi wawancara sekaligus menetapkan dan melantik 12 kandidat terpilih, rencananya akan diumumkan pada 28 Oktober mendatang.

Nantinya, hasil seleksi panwascam akan menghasilkan petugas - petugas pengawasan di tingkat kecamatan, setiap kecamatan akan ada 3 komisioner Panwascam, yang akan bertanggung jawab kepada Bawaslu kabupaten/kota, dalam hal mengawasi tahapan hingga mengedukasi masyarakat dalam persiapan menghadapi pesta demokrasi tahun 2024.(Drl)


Comments