Celoteh Anak Pulau, Lestarikan Bahasa Melayu


GOTVNEWS TANJUNGPINANG - Berbagai cara dilakukan untuk melestarikan bahasa derah agar tidak punah, seperti yang dilakukan Badan Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Kepri, dengan menggelar lomba Celoteh Anak Pulau, untuk mengenalkan bahasa Melayu Kepri dengan konsep Komedi. Tak tanggung - tanggung dewan juri yang di datangkan merupakan 3 Komedian Senior dari asal Ibu Kota Negara.

BPNB Kepri menggelar lomba Gempita Celoteh Anak Pulau Tahun 2021 dengan konsep Stand Up Comedy pada hari Selasa 19 Oktober 2021 malam, kegiatan yang dilaksanakan di gedung BPNB Jalan Pramuka Kota Tanjungpinang, sebanyak 13 peserta baik solo, duet maupun trio diberikan kesempatan untuk berkompetisi membawakan berbagai materi cerita Budaya dengan Bahasa Melayu.

Selain itu, dewan juri yang di datangkan merupakan Komedian Senior asal Ibu Kota yakni Rudi, Jarwo hingga Komeng yang bertugas memberikan masukan serta penilaian terhadap peserta yang tampil.

Baca Juga : Kodim 0315/Bintan Bagi BLT Kepada PKL Dan Warung Kecil

Ketua BPNB Kepri Toto Sucipto mengatakan kegiatan Gempita Celoteh Anak Pulau ini, bertujuan untuk mengenalkan berbagai Kebudayaan di Kepri ,khususnya dalam melestarikan Bahasa Melayu dengan konsep Celoteh  yang di pandukan unsur komedi, dengan moto Kenali Budayamu Cintai Negerimu.

Sementara itu, salah satu peserta Rasyid menilai kegiatan tersebut sangat bermanfaat khususnya terhadap pelaku seni yang ada di Kota Tanjungpinang, dimana dapat membangkitkan kembali semangat pelaku seni untuk terus berkarya di tengah wabah pandemi Covid 19.(San)


Comments