Kepri, Segera Terima Wisman di Batam dan Bintan


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Pemprov Kepri kembali menegaskan kesiapannya untuk menerima kedatangan wisatawan manca negara, khususnya bagi warga negara Singapura, penegasan ini sekaligus menepis isu batal atau diundurnya program wisata yang sempat diterbitkan beberapa media Internasional waktu lalu.

Penegasan Pemprov Kepri menyatakan sangat siap menerima wisman melalui Travel Bubble, yang disampaikan langsung oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad pada Konfrensi Pers di Gedung Daerah (10/10). Ansar Ahmad menyatakan bahwa Pemprov Kepri tidak pernah memberikan pernyataan adanya pembatalan Travel Bubble di Kepri, justru Kepri sangat siap menyambut kedatangan wisman untuk menghidupkan kembali sektor wisata di Kepri, khususnya di Batam dan Bintan.

Selanjutnya, Ansar menegaskan pihaknya telah membahas rencana Travel Bubble ini bersama pemerintah pusat, secara teknis Pemda masih menunggu keputusan dari pusat terkait daerah mana yang dapat dibuka, berikut dengan standar operasional yang akan diterapkan, seperti fasilitas untuk Prokes hingga kebijakan karantina kawasan bagi para wisman.

Berdasarkan hasil rapat dengan pemerintah pusat, ada beberapa tempat yang diusul Pemprov Kepri untuk dibuka antara lain, pintu masuk melalui bandara Batam, bandara Tanjungpinang, Bintan Telani, Nongsa, pelabuhan Harbour Bay Batam, pelabunan SBP Tanjungpinang.

Selain itu pemerintah pusat melalui Kemenhub juga telah menyetujui agar kawasan wisata Lagoi dapat menjadi pilot project program Travel Bubble, lantaran Lagoi merupakan kawasan yang tidak begitu terbuka dari pemukiman penduduk, namun keputusan ini masih ditangan pemerintah pusat, meskipun Pemprov Kepri juga berharap destinasi Nongsa Pura dapat dibuka untuk wisman.

Baca Juga : Pencuri Burung, Diringkus Polisi

Diketahui Rresiden RI Joko Widodo telah memberikan sinyal untuk membuka kran pariwisata bagi wisman, khusus untuk kawasan Bali, Batam, dan Bintan, hal ini masih dipersiapkan secara teknis dan menyesuaikan prokes Covid 19, seperti penyediaan tes cepat molekuler hingga rentang waktu lamanya wisman berkunjung. (Drl)


Comments