KSOP Tanjungpinang Prediksi Puncak Arus Mudik Nataru Terjadi 23 dan 26 Desember 2022


GOTVNEWS, Tanjungpinang - Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang memprediksi akan ada peningkatan penumpang kapal hingga 60 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Benyamin Ginting menyatakan pihaknya telah meminta semua operator kapal untuk selalu standby menyediakan kapal cadangan.

Nantinya keberangkatan kapal di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang tidak lagi disesuaikan dengan jam. Melainkan, akan disesuaikan dengan jumlah penumpang. Jika jumlah penumpang telah memenuhi dengan kapasitas kapal, maka kapal tersebut bisa langsung berlayar.

Ia juga memprediksi puncak arus mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, akan terjadi pada tanggal 23 dan 26 Desember. Sementara puncak arus balik Natal diprediksi pada tanggal 1 hingga 3 Januari 2023.

“Saat ini masih normal. Karena libur Nataru bertepatan libur anak sekolah, kita perkirakan lonjakan penumpang mencapai 60 persen atau 25.000 orang, ” ucap dia.

Selain itu juga untuk mengantisipasi penumpukkan parkir di Pelabuhan Sri Bintan Pura, setiap kendaraan roda empat hanya boleh mengantar dan memarkirkan mobil pada tempat yang telah ditentukan petugas.(Zpl)

Comments