Pelindo I Siap Terima Wisman Dari Pelabuhan SBP


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Travel Bubble akan segera dijalankan oleh pemerintah di Kepri, sebagai program untuk menerima kedatangan wisatawan mancanegara, dalam perencanaannya beberapa pintu masuk Internasional akan kembali dibuka bagi wisman, salah satunya di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang.

Pemprov Kepri mengaku siap menerima wisman asal Singapura dalam program Travel Bubble, untuk mempersiapkan pelaksanaannya, Pemprov Kepri telah mengusulkan beberapa opsi terkait proses penerimaan tamu luar negri, hingga penentuan akses pintu masuk Internasional.

Adapun beberapa pintu masuk bandara udara maupun pelabuhan yang diusulkan Pemprov Kepri kepada pemerintah pusat antara lain, pelabuhan Harbour Bay Batam, Nongsa, Bandar Bintan Telani, pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, bandara Hang Nadim Batam, bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang.

Beberapa fasilitas pintu masuk ini masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat, yang mana akan didahulukan sebagai akses pintu masuk bagi wisman.

Sebagai salah satu pintu masuk yang dipertimbangkan, pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, merupakan pelabuhan yang memiliki potensi besar untuk menerima kedatangan wisman, dengan daya tampung sekitar 500 orang wisman, didukung fasilitas lainnya.

Kesiapan yang optimis yang disampaikan General Manager PT.Pelindo I, Yusrizal, dirinya menyebutkan pihaknya sejak jauh - jauh hari telah menyiapkan beberapa pembenahan pelabuhan Internasional, seperti pemeliharaan Trestle, serta pemeliharaan aset lainnya.

Demikian pula terkait penyiapan ruang tunggu para wisman, pihak Pelindo I mengaku siap menyediakan fasilitas tersebut jika diperlukan, selain itu untuk alat Thermal Scanner juga rencananya akan ditambah lagi demi lancarnya prokes di pelabuhan Internasional SBP.

Baca Juga : Kepri, Segera Terima Wisman di Batam dan Bintan

Yusrizal menambahkan, saat ini pihaknya sangat optimis menerima kedatangan tamu wisman, lantaran pelabuhan SBP telah berpengalaman sejak lama menerima tamu luar negri, dengan prosedur dan fasilitas yang mumpuni, ditambah lagi pelabuhan SBP juga dalam kurun dua tahun belakangan kerap dijadikan pintu masuk bagi PMI asal Malaysia. (Drl)


Comments