Pertemuan Bilateral Indonesia - Singapura Di Kepri


GOTVNEWS BINTAN - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo beserta tujuh menterinya, melakukan pertemuan bilateral bersama Perdana Mentri Singapura, Lee Hsien Long, di Sanchaya Resort , Lagoi, Kabupaten Bintan. Pertemuan bilateral ini , merupakan agenda besar bagi kedua negara diawal tahun 2022, guna mempererat kerjasama bagi kedua negara pada beberapa bidang strategis.

Pertemuan antara Presiden Jokowi dan PM Lee Hsien Loong, yang diikuti segenap jajaran menteri dari kedua negara, menjadikan momentum penting bagi Provinsi Kepri , menjadi tempat dilaksanakannya agenda besar bagi kedua negeri.

Pada pertemuan ini tampak dari kedua negara melakukan beberapa penandatanganan nota kesepakatan , yang dilaksanakan secara simbolis dan disaksikan oleh pemimpin negara.

Kegiatan yang berlangsung secara khidmat, hingga Presiden Jokowi menerangkan secara resmi melalui konfrensi pers, yang menjelaskan setidaknya ada empat kerjasama yang telah disepakati antara Indonesia dan Singapura, antara lain mengenai perjanjian kerjasama investasi bidang maritim, kerja sama dibidang pengelolaan ruang udara untuk transportasi atau Flight Information Region (FIR), kerjasama di bidang ekstradisi, hukum dan hak asasi manusia dan terakhir kerja sama dibidang pertahanan , selain itu Presiden Joko Widodo juga menyampaikan telah resmi dibukanya pintu masuk bagi wisman , menggunakan Travel Bubble , khusus bagi wisman Singapura.

Selain terkait kerjasama bilateral kedua negara, Jokowi dan Lee Hsien Long juga bertukar pikiran terkait masalah yang terjadi di Myanmar, dan berupaya melakukan bantuan kemanusiaan disana, guna memperkuat jalinan kerjasama antar negara di Asean.

Ditempat yang sama, PM Singapura, Lee Hsien Long, juga menyampaikan pandangannya atas pertemuan bilateral ini.

Selain melakukan pertemuan dengan PM Singapura, Jokowi juga direncanakan untuk menyambangi pelaku UKM Di Kota Tanjungpinang, tepatnya di kawasan Bintan Centre, kemudian presiden melanjutkan perjalanan ke Jakarta melalui bandara RHF Tanjungpinang , yang menuju bandara halim perdana kusuma Jakarta.(Drl)


Comments