Waspada Penipuan Online


GOTVNEWSTANJUNGPINANG - Oknum penipuan masih saja terus beraksi, meskipun kondisi ekonomi kian terpuruk akibat pandemi. mulai kembali gencar modus penipuan dengan mencatut nama tokoh dan pejabat publik di Kepri oleh oknum penipuan.

Dunia digital yang semakin berkembang membuat informasi menjadi mudah, namun disisi lainnya aksi kejahatan pun semakin bermanuver, yakni dengan memanfaatkan teknologi ,untuk mencari peluang kejahatan aksinya di dunia maya .

Seperti yang terjadi di kota Tanjungpinang Kepri, beberapa nama tokoh dan pejabat digunakan nama dan fotonya untuk dijadikan modus penipuan kepada kolega dan masyarakat luas , diyakini hal tersebut sebagai sarana yang tepat dalam melakukan aksinya.

Pejabat dan tokoh yang sempat dijadikan sebagai modus penipualan adalah Rahma Walikota Tanjungpinang, Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan beberapa tokoh lainnya, yang dicatut melalui akun palsu yang mengatas namakan tokoh-tokoh tersebut.

Baru - baru ini terjadi kepada Ketua Bawaslu Tanjungpinang, Muhammad Zaini Menjadi Lahan Oknum Penipu Untuk memperdaya korban, dengan iming-iming penawaran mobil murah hasil pelelangan Kejaksaan. namun karena korban tidak langsung percaya dan mengkonfirmasi ke yang bersangkutan, maka penipuan tersebut gagal.

Hal ini juga langsung diklarifikasi oleh ketua Bawaslu Tanjungpinang, Zaini, ia menegaskan bahwa hal tersebut adalah penipuan, dan bukan berasal dari dirinya yang tak pernah menawarkan apapun serta meminta transfer sejumlah uang kepada siapapun.

Atas Kejadian Ini, Zaini telah melaporkan akun dan nomor ponsel oknum tersebut ke pihak kepolisian, Beserta Bukti tangkapan layar antara pelaku dan korban, dan beruntung insiden ini belum memakan korban.

Masyarakat diminta agar meningkatkan kewaspadaan terhadap semua modus kejahatan Cyber saat ini, dengan cara memastikan kebenaran dengan mengkonfirmasi ke pihak bersangkutan/ dan patut mencurigai penawaran yang tak wajar oleh para oknum penipu.(Drl)


Comments