Hingga Akhir Maret, Pemprov Kepri Belum Lelang Proyek Strategis


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau hingga memasuki akhir bulan Maret , belum melakukan lelang terhadap beberapa proyek strategis di Kepri, keterlambatan ini terkendala oleh sistem baru pengelolaan belanja keuantgan daerah, yang kini mulai ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Terkait terlambatnya proses lelang untuk pembangunan sejumlah daerah di Kepri , mendapatkan respon dari Gubernur Kepri, Ansar Ahmad membenarkan keterlambatan lelang tersebut, dikarenakan perubahan pada sistem yang baru, dan untuk dapat menyelesaikan kendala ini, Ansar telah berkoordinasi langsung dengan Kemendagri, dari mulai penerapan hingga penyesuaian pada sistem baru ini.

Ansar menyebutkan selain di Kepri, penerapan sistem baru ini juga menjadi kendala dibeberapa daerah, sehingga membutuhkan penyesuaian dalam penerapannya, Ansar akan mengkaji ulang terhadap APBD Murni melalui APBD Perubahan.

Selain itu Ansar juga tengah menyisir dan mengevaluasi beberapa proyek strategis pada APBD Kepri tahun anggaran 2021, guna mencegah terjadinya defisit anggaran.

Aplikasi SIPD menjadi kendala percepatan lelang di daerah karena diduga adanya perbedaan satuan harga yang ditentukan oleh Kemendagri, dengan satuan harga yang ada di daerah, sehingga terdapat beberapa ketidak sesuaian dengan kondisi di daerah.(Drl)


Comments