Rudenim Tanjungpinang Luncurkan Sidadesi


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Upaya memperketat pengawasan terhadap pengungsi, Rudenim Tanjungpinang meluncurkan aplikasi berbasis digital, yang diberinama Sidadesi, apilkasi ini juga diresmikan oleh Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Transformasi Digital di Tanjungpinang.

Peresmian aplikasi Sistem Integrasi Data Deteni dan Pengungsi (Sidadesi) bertujuan untuk mempermudahkan monitoring integrasi data seluruh deteni yang tinggal di Rudenim Tanjungpinang, dan juga bagi imigran yang tinggal di wilayah kota Tanjungpinang, Batam serta kabupaten Bintan.

Dengan aplikasi ini rekam jejak deteni terdata dengan baik secara digital pada satu sistem, aplikasi ini juga bisa dipantau oleh Satgas Penanganan Pengungsi sebagai pendukung tugas pengawasan deteni.

Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Transformasi Digital, Fajar B. S. Lase mengatakan, Sidadesi bertujuan untuk mempermudah stakeholder dalam melihat data dan keberadaan para pengungsi .

Mulai dari sejak kapan masuk, dimana pengungsi ditempatkan serta pergerakan pengungsi juga bisa diketahui melalui aplikasi sidadesi ini dan untuk mendapatkan kartu sidadesi para pengungsi harus menukarkannya dengan kartu UNHCR.

Baca Juga : Hari Kelima Cari KM Kencana Dewa Belum Kunjung Berhasil Ditemukan

Kepala Kantor Imigrasi Tanjungpinang, Khairil Mirza mengatakan, hal itu membuktikan bahwa sebagai wujud nyata dari penggunaan teknologi informasi berbasis digital.

Saat ini kota Tanjungpinang menjadi pioner atau yang pertama kali menggunakan aplikasi ini, sehingga setelah peresmian ini aplikasi tersebut akan di kaji oleh sistem informasi teknologi pusat dan jika berjalan baik maka akan diterapkan secara general , di seluruh Rudenim yang ada di Indonesia. (Drl)


Comments