Waspada Cuaca Buruk, BASARNAS Berikan Peringatan Dini


GOTVNEWS, TANJUNGPINANG - Badan Pencarian dan Penyelamatan Nasional (BASARNAS) Tanjungpinang menghimbau semua lapisan masyarakat agar lebih waspada terhadap cuaca yang tidak menentu, yang telah terjadi sejak satu minggu belakangan ini , terutama bagi para nelayan yang akan melaut dan masyarakat yang ingin berlibur di pantai.

Cuaca buruk berupa hujan ringan hingga sedang dan disertai oleh angin kencang, saat ini tengah melanda wilayah Kepri, seperti Tanjungpinang, Bintan, Batam hingga Karimun. dengan hujan yang cenderung berdurasi cukup lama, ditambah lagi kondisi tiupan angin barat, berpotensi menciptakan tinggi gelombang , hingga satu setengah meter bahkan hampir dua meter di laut.

Atas kondisi cuaca buruk tersebut, BASARNAS Tanjungpinang meminta kepada masyarakat pesisir yakni nelayan setempat, untuk lebih berhati - hati sebelum melaut, dengan cara memperhatikan prediksi cuaca dari bmkg dan melengkapi diri dengan alat keselamatan berupa life jacket.

Himbauan ini juga ditujukan kepada masyarakat pada umumnya, terutama bagi yang ingin berlibur di wisata pantai, para orangtua diminta selalu mengawasi anak-anaknya saat berenang, dan menghindari akibat dari cuaca buruk , jika melihat tanda - tanda akan terjadi angin ribut.

Baca Juga : Orangtua Siswa Lega Anaknya Mulai Belajar Tatap Muka

Hal ini juga disampaikan oleh Plh Kepala BASARNAS Tanjungpinang, miswadi yang juga Kasi Ops dan Siaga BASARNAS Tanjungpinang. Miswadi menjelaskan BASARNAS selalu siaga dan siap jika mendapatkan laporan adanya kecelakaan laut dan lainnya, namun pihaknya berharap langkah pencegahan harus lebih diutamakan.

Beberapa waktu belakangan, BASARNAS Tanjungpinang telah menangani kasus pencarian korban hilang di laut, yang didominasi para nelayan dan anak - anak akibat tenggelam terseret kuatnya arus laut , maka semua pihak diharapkan selalu waspada terhadap kemungkinan terburuk , sebagai penyebab kecelahaan bahkan kematian.(Drl)


Comments