Optimalkan Zakat, Baznas Latih UPZ Lebih Maksimal


GOTVNEWS TANJUNGPINANG - Untuk meningkatkan penerimaan dan penyaluran zakat infaq dan shadaqah di Kota Tanjungpinang, Baznas Tanjungpinang melaksanakan Bimtek kepada ratusan pengurus masjid, untuk memberikan pemahaman tentang peranan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dalam membantu lembaga amil zakat.

Sebagaimana yang diketahui, zakat merupakan salah satu perintah agama islam yang hukumnya wajib bagi setiap muslim yang mampu membayarnya, zakat sendiri memiliki fungsi dan peranan sosial yang besar bagi kemaslahatan umat, terutama dimasa himpitan ekonomi. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan zakat, baznas merangkul setiap pengurus masjid untuk membentuk UPZ.

Setidaknya sebanyak 226 peserta dari pengurus masjid di Kota Tanjungpinang, mengikuti Bimtek UPZ, Bimtek yang dilaksanakan selama dua hari, mulai 13 hingga 14 Oktober, peserta akan dibekali pengetahuan dan wawasan terkait fungsi dan peranan UPZ, untuk memaksimalkan penerimaan dan penyaluran Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS), sekaligus mendukung Baznas dalam program lainnya.

Baca Juga : Monumen Alutsista Tri Matra Jadi Ikon Baru Di Kepri

Selain membantu menghimpun zakat, UPZ diharapkan dapat lebih gencar meningkatkan minat masyarakat muzakki untuk giat membayar zakat, baik zakat fitrah yang dibayar setiap ramadhan, hingga zakat mal serta zakat pendapatan. Hal ini disampaikan oleh kepala Baznas Kota Tanjungpinang, Akhmad Khusairi.

Berdasarkan data dari Baznas, penerimaan zakat per Oktober 2021 mencapai Rp.4,3 milyar, jumlah ini meningkat dibanding tahun 2020 lalu, namun capaian ini masih jauh dari potensi zakat yang sebenarnya berkisar Rp.18 M hingga Rp.20 M, peranan UPZ diharapkan dapat ikut meningkatkan jumlah zakat kedepannya, untuk kemaslahatan umat di bidang sosial dan ekonomi.(Drl)


Comments